free geoip Custom Rom Infinix HOT 6X Lineage OS 16 Android 9 / Pie
TeraToe (Active Member)
Posted on 10/04/2020 4:55 am

Custom Rom Infinix HOT 6X Lineage OS 16 Android 9 / Pie

Sebenarnya saya ini sudah sering mencoba mencarikan Custom Rom Lineage OS 16 untuk hp saya ini. Infinix HOT 6X. Tapi susah sekali ya, Saya sudah mencarinya sampai keliling forum, facebook, google, telegram, dll tapi belum dapat juga, Karena itu saya berniat port sendiri Custom Rom Lineage OS 16 tersebut agar keinginan saya untuk bisa menginstall custom rom Lineage OS 16 di hp Infinix HOT 6X bisa segera terwujudkan.

Saya ( Beni Alifin ) paham betul porting rom tidak semudah memasak air, Wkwkwk. Terus terang saja saya meminta dibantu oleh beberapa teman serta kenalan saya yang sudah berpengalaman dalam hal porting Custom Rom. Dengan bantuan kawan-kawan tersebut, Porting rom Lineage OS 16 untuk device Infinix HOT 6X yang aslinya bikin kepala saya mumet, Sekarang sudah terselesaikan hingga Custom Rom ini mencapai status Stabil dan Layak untuk digunakan harian. Sekedar info aja cusrom ini Berbasis Android 9 / Pie, Saya port dari custom rom brand tetangga ( Asus Max M2 ). Basa-basi gini gak perlu dibaca sih wkwkwk, Langsung kamu baca bagian-bagian pentingnya aja.

Bugs:

  • Auto Brightness Telat, matiin aja
  • DT2W / Double Tap To Wake selalu hidup, gak bisa disable
  • RIL Sim1/2 ( sudah diperbaiki )
  • Camera Force Close ( sudah diperbaiki )
  • Hanya itu saja bug yang masih ada pada custom rom Lineage OS 16 ( Infinix HOT 6X ) hingga saat ini, Bug yang lain sudah saya perbaiki pada file update dengan nama fix-infinix-hot-6x.zip

Download:

Screenshots Lineage OS 16

Custom Rom Infinix HOT 6X SS1

Langkah Instalasi:

  • Sudah install Custom Recovery, TWRP Recovery atau Custom Recovery lain untuk Infinix HOT 6X, Yang penting bisa dipake untuk install custom rom pada device Infinix HOT 6X. Bebas sih, Tapi pada tutorial ini saya akan menggunakan TWRP.
  • Kalau belum, Silahkan kamu install dulu: TWRP Recovery Infinix HOT 6X
  • Simpan bahan rom yang kamu download tadi ke memori external sdcard, File harus ditaruh pada direktori paling luar ya, Contoh: /sdcard/lineage-16-pie-infinix-hot-6x.zip, Jangan ditaruh dalam foder.
  • Pastikan baterai Infinix HOT 6X kamu terisi lebih dari 50%, Karena bootloop bisa terjadi apabila hp mati dikarenakan kehabisan baterai saat proses install custom rom.
  • Nyalakan Infinix HOT 6X ke mode recovery TWRP, Untuk masuk ke twrp handphone harus dalam keadaan mati, Lalu kamu tekan dan tahan tombol power + volume atas secara bersamaan
  • Saya sarankan full backup dulu rom Infinix HOT 6X kamu, Untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Wipe hp kamu dengan masuk ke menu “Wipe”
  • Swipe ke kanan (Secara default TWRP akan melakukan wipe pada Data, Cache, Dalvik Cache)
  • Kembali pada layar awal TWRP
  • Pilih “Install”
  • Tekan “Select Storage”, Pilih sdcard
  • Cari file rom yang kamu taruh di sdcard sebelumnya yaitu lineage-16-pie-infinix-hot-6x.zip, Pilih file tersebut & swipe ke kanan, Tunggu hingga selesai
  • Ulangi langkah “Install” file zip seperti sebelumnya namun kali ini yang kamu pilih adalah file fix-infinix-hot-6x.zip kemudian ulangi sekali lagi untuk menginstall file gapps.zip
  • Reboot hp Infinix HOT 6X kamu dengan memilih menu “Reboot”, Pilih “System”

Boot awal Infinix HOT 6X setelah instalasi custom rom Lineage OS 16 akan berlangsung lebih lama dari biasanya, Namun kamu tidak perlu cemas, Karena boot awal setelah install rom atau setelah factory reset memang lebih lama dari boot biasa, Hal itu sangatlah wajar, Sangat normal. Jadi hp Infinix HOT 6X nya jangan dimatiin ya. Ditunggu aja, Gak sampai 10 menit kok. Setelah hp Infinix HOT 6X menyala kamu akan diminta untuk mengkonfigurasi hp kamu karena memang rom nya masih baru pertama kali dinyalakan. Untuk boot yang selanjutnya bila kamu mematikan lalu menyalakan hp akan berlangsung cepat seperti biasa.

Setelah custom rom Lineage OS 16 terinstall, Kira-kira seperti ini pendapat saya. Manajemen ram Infinix HOT 6X menjadi lebih baik, Performa juga mendapatkan peningkatan karena Lineage OS 16 adalah custom rom yang ringan, UI tidak boros ram. Malah menurut saya Lineage OS 16 ini lebih ringan & lebih cepet dari rom bawaan Infinix HOT 6X, Ya pokoknya smooth banget lah, Pengalaman penggunaan sama persis seperti pake Pixel Experience. Mantap Sekali Kawan.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada xda-developers, sourceforge.net, serta kawan-kawan yang sudah membantu porting serta perbaikan bug pada custom rom Lineage OS 16 ini. Karena tanpa adanya sumber informasi serta bantuan dari mereka, Maka porting Custom Rom ini tidak akan mungkin berhasil hingga mencapai status stabil serta layak untuk digunakan harian.

Have fun & enjoy your new rom. Cheers.

Quote   Reply
(You must log in or sign up to make a reply here.)