free geoip Custom Rom Evercoss M50 | Resurrection Remix 7 Android 9 Pie
DavidDRE (Active Member)
Posted on 03/12/2019 4:53 am

Custom Rom Evercoss M50 | Resurrection Remix 7 Android 9 Pie

Ngomong-ngomong nih ya, Sebenarnya sudah dari beberapa bulan yang lalu saya mencari Custom Rom Resurrection Remix 7 untuk hp Evercoss M50 ini sob, Tapi susah sekali ya, Saya sudah mencarinya sampai keliling internet mulai dari forum, facebook, google, telegram, dll tapi belum dapat juga, Karena itu saya berniat port sendiri Custom Rom Resurrection Remix 7 tersebut agar keinginan saya untuk bisa menginstall custom rom Resurrection Remix 7 di hp Evercoss M50 bisa segera terwujudkan.

Saya ( Agung Nugroho ) paham betul porting rom tidak semudah memasak air, Wkwkwk. Terus terang saya meminta bantuan kepada beberapa teman saya yang sudah sangat berpengalaman dalam hal porting Custom Rom. Dengan bantuan kawan-kawan tersebut, Porting rom Resurrection Remix 7 untuk device Evercoss M50 yang aslinya bikin kepala saya mumet, Sekarang sudah terselesaikan hingga Custom Rom ini mencapai status Stabil dan Layak untuk digunakan harian. Sekedar info aja cusrom ini Berbasis Android Pie, Saya port dari custom rom brand tetangga ( Samsung Galaxy J7 Prime ). Basa-basi gini gak perlu dibaca sih wkwkwk, Langsung kamu baca bagian-bagian pentingnya aja.

Bugs:

  • Proximity Sensor ( sudah diperbaiki )
  • Brightness Mentok Cuma 80% ( sudah diperbaiki )
  • Split Screen
  • APN Harus Disetting Secara Manual
  • Hanya itu saja bug yang masih ada pada custom rom Resurrection Remix 7 ( Evercoss M50 ) hingga saat ini, Bug yang lain sudah saya perbaiki pada file update dengan nama patch-fix-m50.zip

Download:

Screenshots Resurrection Remix 7

  • Pada Screenshot berikut saya menggunakan dark mode dengan aksen warna merah, bilamana kamu tidak suka dark mode & aksen merah tenang aja karena custom rom Resurrection Remix 7 ini sangat customizable. Hehehe. Bisa diganti light mode (mode putih) + aksen warna lain.
Custom Rom Evercoss M50 Screenshot

Langkah Instalasi:

  • Sudah install Custom Recovery, TWRP Recovery atau Custom Recovery lain untuk Evercoss M50, Yang penting bisa dipake untuk install custom rom pada device Evercoss M50. Bebas sih, Tapi pada tutorial ini saya akan menggunakan TWRP.
  • Kalau belum, Silahkan kamu install dulu: TWRP Recovery Evercoss M50
  • Simpan bahan rom yang kamu download tadi ke memori external sdcard, File harus ditaruh pada direktori paling luar ya, Contoh: /sdcard/rros-7-evercoss-m50.zip, Jangan ditaruh dalam foder.
  • Pastikan baterai Evercoss M50 kamu terisi lebih dari 50%, Karena bootloop bisa terjadi apabila hp mati dikarenakan kehabisan baterai saat proses install custom rom.
  • Nyalakan Evercoss M50 ke mode recovery TWRP, Untuk masuk ke twrp handphone harus dalam keadaan mati, Lalu kamu tekan dan tahan tombol power + volume atas secara bersamaan
  • Saya sarankan full backup dulu rom Evercoss M50 kamu, Untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Wipe hp kamu dengan masuk ke menu “Wipe”
  • Swipe ke kanan (Secara default TWRP akan melakukan wipe pada Data, Cache, Dalvik Cache)
  • Kembali pada layar awal TWRP
  • Pilih “Install”
  • Tekan “Select Storage”, Pilih sdcard
  • Cari file rom yang kamu taruh di sdcard sebelumnya yaitu rros-7-evercoss-m50.zip, Pilih file tersebut & swipe ke kanan, Tunggu hingga selesai
  • Ulangi langkah “Install” file zip seperti sebelumnya namun kali ini yang kamu pilih adalah file patch-fix-m50.zip kemudian ulangi sekali lagi untuk menginstall file gapps.zip
  • Reboot hp Evercoss M50 kamu dengan memilih menu “Reboot”, Pilih “System”

Boot awal Evercoss M50 setelah instalasi custom rom Resurrection Remix 7 akan berlangsung lebih lama dari biasanya, Namun kamu tidak perlu cemas, Karena boot awal setelah install rom atau setelah factory reset memang lebih lama dari boot biasa, Hal itu sangatlah wajar, Sangat normal. Jadi hp Evercoss M50 nya jangan dimatiin ya. Ditunggu aja, Gak sampai 10 menit kok. Setelah hp Evercoss M50 menyala kamu akan diminta untuk mengkonfigurasi hp kamu karena memang rom nya masih baru pertama kali dinyalakan. Untuk boot yang selanjutnya bila kamu mematikan lalu menyalakan hp akan berlangsung cepat seperti biasa.

Setelah custom rom Resurrection Remix 7 terinstall, Seperti inilah pendapat saya. Handphone Evercoss M50 saya menjadi lebih keren, lebih kekinian & lebih kaya fitur namun dari sisi performa juga mendapatkan peningkatan karena Resurrection Remix 7 termasuk custom rom yang ringan, manajemen ram bagus, UI gak boros ram. Bahkan menurut saya lebih cepet dari rom bawaan Evercoss M50, Ya pokoknya smooth banget, experience penggunaan sama persis seperti pake Lineage OS & Pixel Experience, yang membedakan adalah Resurrection Remix fitur-fiturnya lebih banyak & lebih lengkap lagi.

Saya ( Agung Nugroho ) ucapkan terima kasih kepada xda-developers, sourceforge.net, serta kawan-kawan developer yang telah membantu saya dalam porting serta perbaikan bug pada rom Resurrection Remix 7. Karena tanpa adanya sumber informasi dan bantuan dari mereka, Maka porting custom rom Resurrection Remix 7 ini tidak akan mungkin berhasil mencapai status stabil & layak digunakan harian.

Have fun & enjoy your new rom experience.

Quote   Reply
(You must log in or sign up to make a reply here.)